Cara Pilih UPS Yang Cocok Untuk Server Pulsa 24 Jam

Ups yang cocok untuk server pulsa – UPS adalah salah satu bagian yang sangat penting dari system server pulsa, dimana ups ini bekerja untuk membackup suply listrik dari PLN jika terjadi pemadaman listrik. ups tersebut memberikan suply listrik semenatar ketika listrik PLN mati, jadi masih ada kesempatan untuk kita melakukan Shut Down komputer server kita saat Litrik PLN mati atau pemadaman bergilir.

Karena memang untuk listrik ini sangat vital sebab jika mati mendadak banyak sekali masalah yang bisa saja timbul akibat listrik mati mendadak, seperti masalah yang paling berbahaya adalah hardisk, dimana hardisk akan bad sector, jadi database server kita bisa saja terjadi corupt atau hilang beberapa data transaksi. nah ini akan sangat merugikan kita dan pelanggan kita tentunya. jika hanya masalah komputer mati total ga mau hidup lagi itu bukan masalah fatal. yang fatal ya terletak pada hardisk. walau sudah melakukan backup online tetap saja data backup online kadang juga tidak serta merta akurat 100% sesuai dengan data transaksi kita.

Jadi yang namanya system kelistrikan server pulsa wajib menggunakan UPS.

Nah,, untuk memilih UPS yang cocok ini caranya sangat mudah, jika anda menggunakan komputer yang biasa biasa saja komputer rakitan dengan power suply yang standar atx biasa bukan yang pure 800 watt anda bebas pilih ups berapa watt saja bisa. dengan system biasa pun bisa. tapi jika sudah menggunakan komputer built-up dengan daya power yang besar maka harus memilih UPS dengan tipe Topology Online atau kalau bisa yang Double Conversion Online.

Nah dari sekian lama saya bergelut dibidang server pulsa saya sudah habis banyak sekali ups dari merk prolink yang tidur itu lupa saya tiper berapa, sampai ke laplace sudah saya coba dan tidak sekuat tipe yang saya pakai sekarang ini.

Untuk pemilihan tipe dan merk ups anda bisa cari sendiri merk dan tipe nya yang penting Topologi dari teknologi UPS tersebut ber topology Online.

Untuk UPS yang saya gunakan yaitu UPS  : APC SURT1000XLI 700 Watts /1000 VA Smart-UPS RT On-Line.

walau cuma 7000 watt tapi itu benar-benar murni 700 watt bukan cuma tulisannya saja, dan topologi nya sudah double online jadi sangat aman sekali tidak ada jeda peralihan sumber tenaga listrik dari PLN ke Batre atau Aki. komputer server saya yang pakai 2 powe suply tetap jalan tanpa restart, kalau pakai prolink yang tidur itu langsung restart karena belum system online.

Ups tersebut tidak cuma saya gunakan untuk 1 komputer saja tapi saya pakai untuk 6 Komputer, 6 modem poll 16 port, 7 Modem Internet, 1 Printer photo, 1 Mesin penghitung uang, 1 alat sinar UV, 1 Speaker aktif multimedia, 1 EDC, dan 3 Lampu LED 18 Watt.

Dengan banyaknya penggunaan saya tersebut tidak ada restart pada komputer komputer yang saya gunakan. jadi memang sangat jozz mantul sekali.

Oh ya, untuk daya tahan aki atau abtre pada ups ini hanya kuat 3 jam saja, namun kenyataannya tidak sampai tiga jam 30 menit saja sudah habis, jadi tetap harus gunakan aki external atau aki tambahan, dimana pada ups ini sudah tersedia colokan kabelnya jika ingin menggunakan aki tambahan.

Namun saya sarankan untuk pakai genset saja karena genset lebih besar dan lebih kuat tenaga nya untuk penggunaan kebutuhan listrik server pulsa, jadi kita buat auto start genset nya, jadi genset nya bisa nyala sendiri ketika listrik PLN padam, nah untuk hal ini akan saya bahas dikemudian hari.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Yang belum daftar agen pulsa, agen kuota, agen ppob, silahkan ke menu website utama : https://maxsi.id/Untuk Panduan sampai bisa silahkan kirim pesan whatsap di nomor : 085768697313

MAXsi.id merupakan distributor server pulsa, yang memiliki system agen pulsa termurah, agen kuota internet, agen ppob terlengkap. kami menyediakan  produk pulsa termurah, paket internet murah, dan bayar tagihan bulanan terlengkap.

Jadilah yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*