Penurunan Kecepatan 150 Mbps Internet Starlink Paket Perumahan

Pada tahun 2024, ada laporan yang menyatakan bahwa kecepatan internet Starlink untuk paket perumahan telah mengalami penurunan. Pengguna paket perumahan Starlink kini umumnya mengalami kecepatan unduh antara 30 Mbps hingga 150 Mbps, dengan beberapa pengguna melaporkan kecepatan hingga 220 Mbps. Namun, pada saat penggunaan puncak, kecepatan ini bisa lebih rendah karena kongesti jaringan dan praktik prioritisasi data yang diterapkan oleh Starlink.

Penurunan Kecepatan Saat Penggunaan Puncak

Starlink memang menerapkan throttling data untuk mengelola sumber daya jaringan dan memastikan penggunaan yang adil di antara semua pelanggan. Artinya, selama periode permintaan tinggi, pengguna mungkin mengalami kecepatan yang lebih lambat, terutama jika mereka telah menggunakan lebih banyak data dibandingkan dengan pengguna rata-rata​ (starlinkinsider.com)​​ (Starlink)​​ (SatelliteInternet.com)​​ (StarlinkZone)​.

Kebijakan Penggunaan yang Adil

Starlink memiliki kebijakan penggunaan yang adil untuk mendistribusikan data secara merata di antara penggunanya. Selama jam-jam sibuk, kecepatan internet bisa diturunkan untuk memastikan bahwa semua pengguna mendapatkan bagian yang adil dari kapasitas jaringan. Pengguna yang sering menggunakan aplikasi dengan bandwidth tinggi selama jam sibuk kemungkinan besar akan mengalami throttling.

Kecepatan Berdasarkan Paket Layanan

Starlink menawarkan beberapa paket layanan dengan kecepatan yang bervariasi:

  1. Paket Perumahan (Residential):
    • Kecepatan unduh: 30 Mbps – 150 Mbps
    • Kecepatan unggah: 5 Mbps – 10 Mbps
  2. Paket Prioritas (Priority):
    • Kecepatan unduh: 40 Mbps – 220 Mbps
    • Kecepatan unggah: 8 Mbps – 25 Mbps
  3. Paket Mobilitas (Mobile):
    • Kecepatan unduh: 5 Mbps – 50 Mbps
    • Kecepatan unggah: 2 Mbps – 10 Mbps

Paket prioritas mendapatkan prioritas jaringan yang lebih tinggi dibandingkan paket perumahan, sehingga memberikan kecepatan unduh dan unggah yang lebih tinggi.

Cara Menghindari Throttling

Ada beberapa cara untuk menghindari throttling pada layanan Starlink:

  1. Koneksi pada Jam Tidak Sibuk:
    • Menghubungkan perangkat selama jam-jam tidak sibuk dapat membantu menghindari penurunan kecepatan.
  2. Memantau Penggunaan Data:
    • Mengawasi dan membatasi penggunaan internet dapat membantu menghindari kelebihan penggunaan data yang dapat memicu throttling.
  3. Mengupgrade Paket Layanan:
    • Mengupgrade ke paket layanan yang lebih tinggi dapat memberikan prioritas data yang lebih baik dan mengurangi kemungkinan throttling.

Dengan memahami kebijakan dan praktik Starlink, pengguna dapat mengelola penggunaan internet mereka dengan lebih baik dan memaksimalkan pengalaman internet mereka.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web resmi Starlink atau hubungi dukungan pelanggan mereka​ (Starlink)​​ (StarlinkZone)​.

Untuk Bantuan & Layanan Pelanggan, silahkan kirim pesan WhatsApp ke Nomor : 0815-9955-313
Mau bisnis kuota dan pulsa? Pakai Aplikasi MAXsi Reload yang sudah terbukti amanah lengkap murah sejak tahun 2014.