Solusi & Trik Server CCTV Unlimited Kamera DIY

CCTV menjadi kebutuhan penting untuk menunjang usaha anda, baik konter pulsa, sembako, perikanan atau yang lain nya. Namun keterbatasan channel DVR / NVR menjadi masalah untuk memperbanyak jumlah cctv kita. membeli yang tanpa DVR juga boros memory card, tapi tenang, setelah banyak sekali trial yang saya kerjakan untuk membangun server cctv yang bebas berapapun cctv nya bisa terpasang, akhirnya saya menemukan solusi yang baik sekali. menurut pengalaman saya kelebihan nya adalah :

  • Jumlah kamera unlimited
  • Software Ringan, spek rendah pun bisa jalan banyak kamera
  • Monitoring Live Streaming Realtime dan Ringan
  • Bebas menambahkan jumlah peyimpanan
  • Dll

 

solusi unlimited kamera server cctv
solusi unlimited kamera server cctv

Tapi ini hanya untuk yang hobi-hobi pusing, karena ini menggunakan opensource dan linux tentu kita harus siap pusing mengatasi eror yang terjadi di awal instalasi, karena setiap device biasanya masalahnya berbeda-beda.

Ok disini perangkat baik software atau hardware yang diperlukan adalah :

  1. Perangkat Komputer yg support linux ubuntu sebagai mesin server
  2. Hardisk sebagai penyimpanan
  3. Kamera CCTV yang support rtsp atau Onvif
  4. Router sebagai DHCP server (bahasa awamnya; yang menyatukan kamera dalam satu jaringan)

Nah, diatas adalah hardware nya, untuk CPU disarankan menggunakan yang sudah minimal 6 thread bisa AMD ataupun intel, disini saya menggunakan AMD Ryzen 5 3500 6-Core + Memory: 16 GB + Ubuntu 22.04.

Untuk Hardisk gunakan yang memang diperuntukan sebagai penyimpanan CCTV, memang agak mahal tapi sesuai dengan kualitasnya yang stabil dan awet.
Untuk kamera CCTV gunakan yang sudah support Onvif atau RTSP ini yang produk-produk murah saja tidak perlu yang mahal, kalau saya lihat di marketplace rentang harganya mulai dari 150ribuan.
Untuk router ini bebas pakai apasaja yang penting bisa menjadi DHCP server.

Tentu selain hardwareyang paling penting adalah software, disini saya menggunakan Agent DVR dari ispyconnect, kenapa? karena sudah saya buktikan lebih ringan dari yang lain nya.

Nah untuk instalasi dan lain-lain silahkan googling lagi, atau bisa koment dibawah ini agar saya buatkan tutorialnya atau bisa menghubungi kami untuk jasa setup nya. Saya sudah membuktikan dengan memasang 33 kamera cctv 1080p (1920 × 1080 px atau FULOL HD) bisa berjalan hanya memakan cpu sebesar 45% dan RAM 15%. Terimakasih semoga artikel tentang server cctv ini bermanfaat.